Stasiun Gambir Dipadati Pemudik

By Al


nusakini.com - Jakarta - Memasuki H-3 Lebaran, Stasiun Gambir, Jakarta Pusat mulai dipadati penumpang yang akan melakukan perjalanan mudik ke berbagai daerah.

Pantauan beritajakarta.id, di pintu Utara Stasiun Gambir, terlihat ada ratusan pemudik yang hendak bertolak dari Jakarta menuju kampung halamannya masing-masing.

Mereka membawa berbagai macam barang bawaan seperti koper, kardus hingga kantong plastik berisi makanan minuman.

Kurniah (52), salah satu pemudik mengaku telah mengantongi tiket Kereta Api Argo Jati dengan tujuan Cirebon.

"Sekarang udah ga sulit beli tiket karena sudah online. Saya pesan tiket pulang pergi dari seminggu lalu," ujarnya di Stasiun Gambir

Menurutnya, mudik ke kampung halaman bersama keluarga sudah menjadi tradisi rutin yang dilakoninya saat musim libur Lebaran.

"Saya pilih naik kereta karena lebih nyaman. Fasilitasnya juga sudah bagus," ucapnya.

Hal senada juga dikatakan Dori (38), pemudik lainnya yang akan bertolak ke Bandung dari Stasiun Gambir.

"Mudik naik kereta sekarang sudah enak. Kalau naik mobil, saya takut terjebak macet," tuturnya.

Kepala Humas PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa menyampaikan, di Stasiun Gambir telah disiapkan beragam fasilitas penunjang. Di antaranya 12 unit mesin check in counter, tujuh unit mesin ticket box, dan delapan layanan loket yang terdiri dari tiga loket go show dan lima loket pemesanan.

"Ada pula satu ruang menyusui, empat, satu pos kesehatan, 15 toilet pria, 17 toilet wanita, dua lift dan parkir mobil serta motor," tandasnya.(pr/kj/al)